RESEP MEMBUAT SAMBAL PETIS PALING ENAK DIDUNIA

RESEP MEMBUAT SAMBAL PETIS PALING ENAK DIDUNIA

Resep sambal petis – selain sambal tomat, sambal terasi, sambal kecap dan sambal ijo, sambal lainnya yang tak kalah mantap dan enak sebagai cocolan untuk gorengan adalah sambal petis. Ya, bagi para pecinta sambal petis, sambal yang satu ini bisa dibilang sebagai sambal yang paling enak di dunia. Sambal petis cocok disantap sebagai pelengkap aneka cemilan mulai dari bakwan jagung, tempe goreng, tahu goreng atau lainnya. Selain rasanya yang pedas, sambal ini juga sangat gurih dan terasa enak di lidah.


Untuk bunda yang penasaran dengan gurihnya sambal petis, mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk memilah-milah Resep sambal petis yang tepat. Tapi, untuk membantu mempermudah pencarian bunda, berikut resep untuk sambal petis yang enak dan yang pasti tidak mengecewakan. Resepnya cukup mudah dibuat dan cara pembuatannya juga sederhana. Sehingga, sudah pasti bunda bisa segera berbelanja bahan-bahannya yang mudah dicari. 


Oh iya, Resep sambal petis terbuat dengan bahan dasar cabe yang dicampur dengan petis, jadi cocok seperti namanya. Petis bisa dijadikan sambal yang lezat untuk sambal cocol gorengan. Bunda juga bisa menggunakan sambal petis sebagai pelengkap untuk jenis makanan lainnya seperti rujak cingur, kupas tahu petis dan makanan kuah lainnya yang sangat menjadi primadona untuk lidah orang Indonesia. Nah, daripada penasaran ini dia beberapa bahan yang dibutuhkan dan langkah yang bisa bunda simak. 

Untuk hasil yang paling enak, resep petis ini sangat bagus jika terbuat dari petis udang. Petis udang merupakan petis yang memiliki cita rasa yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Jika di dekat rumah bunda ada pabrik atau usaha industri petis udang, ambil saja dari sana sebab petis yang masih hangat dan baru dari tempatnya menandakan bahwa kualitas petis tersebut masih bagus. Selamat mencoba Resep sambal petis, semoga berhasil!

BAHAN-BAHAN :
  • Petis Udang 4 sendok makan
  • Cabe rawit 15 buah
  • Cabe besar merah 1 buah
  • Bawang Putih 2 siung
  • Kacang Tanah goreng sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Kecap Manis 1 sendok teh (bila perlu)
  • Gula Merah Secukupnya
  • Air matang 50 ml
CARA MEMBUAT SAMBAL PETIS :
  1. Pertama, Silahkan anda haluskan cabe rawit, cabe merah, bawang putih dan garam, tambahkan gula merah lalu ulek kembali sampai rata
  2. Kemudian masukkan kacang tanah, sedikit demi sedikit sambil diulek.
  3. Dan yang terakhir masukkan petis udang, campur rata sambil ditambah air sampai didapat kekentalan sesuai dengan keinginan
  4. Tambahkan kecap manis bila perlu
  5. Sambal petis paling enak siap disajikan untuk cocolan / pelengkap makan
Selamat mencoba ya bunda :)