RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI PULEN WANGI DAN TIDAK MUDAH BASI

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI PULEN WANGI DAN TIDAK MUDAH BASI

Resep nasi pulen – Nasi memang tidak bisa lepas dari kebiasaan makan orang Indonesia. Jika belum makan nasi, kita mungkin akan mengatakan bahwa kita belum makan. Padahal, roti dan snack sudah masuk semua ke perut. Hampir setiap hari, kita selalu menjumpai nasi di meja makan. Makan menjadi lahap jika nasi yang tersedia benar-benar pulen. Selain mudah ditelan, nasi pulen juga punya tekstur lembut yang benar-benar enak dimakan.


Belum lagi jika Resep nasi pulen yang dibuat beraroma wangi. Mungkin bunda penasaran ketika sedang bertamu dan dipersilahkan makan, nasi yang disajikan benar-benar wangi. Semua itu sebenarnya bergantung pada cara mengolah dan memasak berasnya supaya menghasilkan nasi yang pulen, wangi dan juga tidak mudah basi.


Memang, ada banyak cara untuk menanak nasi seperti dengan tim, liwet, aron atau juga menggunakan magic com. Banyak ibu rumah tangga yang cenderung menggunakan magic com. Selain praktis, tinggal colok dan masaknya pun cepat. Tetapi, terkadang hasilnya malah terlalu lembek atau terlalu keras. Jika nasi sampai terlalu keras, sudah pasti akan cepat kering dan tidak pulen sehingga tidak enak untuk dimakan. Sedangkan jika terlalu lembek, maka sudah pasti akan cepat basi karena mudah berair.

Masak nasi memang tampak mudah dan sederhana, tetapi jika hasilnya tidak sesuai pastilah tidak akan membuat keluarga tertarik untuk menyantapnya lebih banyak. Jika nasi terasa lebih lembek, berair dan atau terlalu kering, pastilah kita malas untuk menyantapnya. Nafsu makan pun berkurang.
Agar keluarga bisa mendapatkan kenikmatan yang luar biasa saat menyantap nasi, Resep nasi pulen berikut dapat anda gunakan untuk hasil nasi pulen yang enak, wangi dan tidak mudah basi. Semoga membantu!

BAHAN-BAHAN :
  • Beras sebanyak 3 liter
  • Air bersih secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah, belah menjadi dua
  • Agar-agar putih
  • Daun pandan 2 lembar
RESEP MEMBUAT NASI PULEN WANGI DAN ENAK :
  1. Langkah awal, bersihkan panci yang digunakan buat menanak nasi. Hal ini dimaksudkan supaya tidak lengket.
  2. Perciki dengan jeruk nipis yang diperas saat proses masak nasi akan dimulai.
  3. Selanjutnya bersihkan juga beras yang hendak dimasak dengan mencucinya hingga airnya bening.
  4. Masukkan agar-agar warna putih kedalamnya supaya tekstur nasi yang dimasak akan lebih pulen.
  5. Tambahkan daun pandan kedalamnya 2 lembar saja.
  6. Siapkan panci yang telah dicuci bersih dan diperciki perasan jeruk nipis kemudian masukkan bahan yang akan dimasak kedalamnya.
  7. Masak menggunakan api sedang sampai air surut. Bila sudah, kecilkan api dan aduk-aduk beras yang sudah menjadi setengah matang nasi. Tutup, angkat
  8. Masukkan 1/8 air bersih dalam dangdang kemudian masak sampai mendidih.
  9. Jika sudah mendidih, masukkan nasi yang setengah matang tadi kedalam kukusan
  10. Kukus sampai matang dan pulen. Angkat kemudian masukkan dalam wadah besar. Kipasi sembari diaduk dan olah supaya lebih pulen.
  11. Nasi pulen wangi siap disajikan bersama keluarga tercinta