RESEP MEMBUAT NASI KUNING DENGAN LAUK GURIH DAN ENAK

RESEP MEMBUAT NASI KUNING DENGAN LAUK GURIH DAN ENAK

Menjaga budaya sendiri itu tidak mudah, terkadang budaya negeri lain lebih menarik, lebih praktis dan lebih mewah. Misalnya saja, kita mungkin akan lebih memilih membeli atau membuatkan anak kue tart yang dilengkapi dengan buah cherry atau membuat brownies untuk merayakan ulang tahunnya. Apalagi di jaman sekarang, menyajikan Resep nasi kuning untuk ulang tahun anak tampak mulai luntur. Bahkan, para selebritis pun lebih memilih menggunakan kue.


Padahal jika disuruh memilih, Resep nasi kuning disajikan untuk perayaan apapun itu lebih meriah, merakyat, kental budaya dan mengesankan karena tampak unik. Sebagai makanan asli Indonesia, nasi kuning bisa ditemukan dengan mudah di warung makan atau di penjual nasi kuning yang biasanya selalu ada di pinggir jalan. Bahkan, jika anda pergi ke tanah jawa, ada banyak warung yang menjual nasi kuning. Bahkan, nasi kuning juga sering menjadi andalan para penduduk terutama untuk sarapan pagi.


Nah, untuk siapapun yang bosan makan nasi putih saat sarapan, mengkonsumsi nasi kuning bisa menjadi alternatifnya. Rasanya memang hampir sama sepreti nasi putih, tetapi cara memasaknya berbeda. Nasi putih dimasak dengan cara biasa, tetapi nasi kuning dibuat dengan cara disiram dengan air kunyit sehingga nasi yang semula putih menjadi kuning. Anda pun juga bisa membuat nasi kuning yang dimasak seperti nasi uduk, yakni dengan dicampur air santan kelapa serta daun salam untuk menambahkan aroma wangi yang menggugah selera. 

Resep nasi kuning juga lebih menarik dan enak dilihat. Warnanya yang segar tampak menggiurkan apalagi jika ditambah dengan aroma wangi dan tekstur nasinya yang empuk. Belum lagi bahan lainnya yang melengkapi nasi tersebut seperti sambal kering, tumis kentang, ayam goreng, telur dadar dan juga tempe orek. Makan pun menjadi lahap. Untuk mencoba membuatnya, berikut resep yang bisa disimak. Semoga berhasil!

BAHAN-BAHAN :
  • 800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
BUMBU :
  • 2 sendok mmakan kunyit parut
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, geprek
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Garam dan lada secukupnya.
CARA MEMBUAT NASI KUNING ENAK :
1. Pertama, silahkan dikukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang, sehingga menjadi beras aron.
2. Kemudian didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi aron. Masak nasi di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah. Lalau beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah.
3. Setelah santan terserap habis kukus nasi hingga matang.
4. Angkat dan taburi bawang goreng.
5. Nasi kuning paling enak siap disajikan kepada keluarga tercinta 

Selamat mencoba bunda :)