RESEP MEMBUAT NASI UNTUK TUMPENG LAUK ISTIMEWA

RESEP MEMBUAT NASI UNTUK TUMPENG LAUK ISTIMEWA

Nasi tumpeng memang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Sampai saat ini beberapa daerah di Indonesia masih menggunaka nasi tumpeng untuk berbagai acara mulai dari acara selamatan, ulang tahun, kenduri, kirap atau acara lainnya. Nasi tumpeng yang masih tetap ada sampai sekarang menunjukkan bahwa penduduk Indonesia memang masih menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya dari para leluhur. Untuk yang beum pernah tahu nasi tumpeng, sebenarnya Resep nasi tumpeng merupakan nasi kuning atau nasi uduk yang dibentuk kerucut.

Baca juga : Resep Membuat Nasi Liwet Khas Sunda

Biasanya, nasi tumpeng memiliki ciri khas warnanya yang kuning dan seringkali dilengkapi dengan lauk pauk yang bervariasi seperti telur dadar, sambal kering dan juga ayam goreng. Resep nasi tumpeng selalu gurih dan nikmat sehingga sangat cocok dimakan untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada dua tahap yang bisa dilakukan untuk membuat nasi ini yaitu direbus atau dikukus. Pada proses perebusan, beras yang sudah dicuci bersih harus dicampur dengan santan dan bumbu-bumbunya, setelah itu dikukus.


Walaupun tampak ribet, namun membuat Resep nasi tumpeng sendiri di rumah untuk merayakan ulang tahun buah hati atau sekedar untuk selamatan kecil-kecilan cukup mengesankan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun tidaklah sulit dicari. Anda bisa membeli semua bahannya di pasar tradisional atau warung sembako. Untuk bahan utama, anda harus menyiapkan beras ketan terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan daun jeruk sebagai cara untuk menambah aroma wangi pada nasi tumpeng yang anda buat.

Nah, jika ini pertama kali buat anda membuat nasi tumpeng, jangan takut gagal. Sebelum membuat, belanja beberapa bahan di bawah ini terlebih dahulu. Pastikan anda memeriksa semua hasil belanjaan sebelum meninggalkan pasar, jadi anda tidak bolak-balik karena ada bahan yang tertinggal. Lalu, simak semua langkah berikut agar hasil menjadi maksimal. Selamat mencoba!

BAHAN-BAHAN :
  • Sediakan 800 gram beras putih berkualitas tinggi untuk nasi kuning yang lebih pulen
  • Gunakan 200 gram beras ketan
  • Siapkan 1200 liter santan yang berfungsi untuk membuat nasi kuning menjadi lebih gurih
  • Satu sendok makan kunyit halus untuk menciptkan warna kuning alami pada masakan
  • Dua sendok makan garam
  • Siapkan 4 lembar daun salam
  • Siapkan satu lembar daun pandan agar nasi kuning memiliki aroma wangi yang khas
  • Siapkan dua batang sereh
  • Dan terakhir siapkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis

 CARA MEMBUAT NASI TUMPENG LAUK ISTIMEWA :
  1. Pertama-tama campurkanlah kedua jenis beras, yakni beras putih dan beras ketan, campurkan dan bersihkan lantas tiriskan dan kukus selama beberapa saat
  2. Sambil nungguin nasi matang, Anda bisa mengerjakan bagian lainnya. Campurkan kunyit dengan santan lalu saring dan buang ampas kunyit dan santan. Masak santan kunyit ini bersamaan dengan daun pandan, sereh dan daun salam, jangan lupa untuk menambahkan rasa dengan menambahkan garam pada kuah santan. Masak santai sampai mendidih lalu setelah santan matang, matikan kompor.
  3. Masukkanlah perlahan, kukusan beras yang setengah matang ke dalam kuah santan sambil terus diaduk hingga tercampur rata lantas tunggu selama beberapa saat agar rasa gurih dan khas dari santan meresap dengan sempurna pada beras dan beras menjadi aron setelah itu tuangkan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata.
  4. Kukuslah beras aron tersebut kurang lebih selama 20 menit dan setelah matang, angkat dan tuangkan di dalam wadah atau cetakan tumpeng (jika Anda tertarik untuk membuat nasi kuning tumpeng) yang mana ujung lancipnya telah diberikan alas daun pisang serta telah dipoles dengan minyak sayur.
  5. Dan nasi kuning tumpeng pun siap untuk dihidangkan. 
  6. Anda bisa menambahkan beberapa lauk pauk ke dalam hidangan, disarankan untuk melengkapinya dengan lauk pauk yang digoreng renyah, lalapan dan juga sambal.
 Yuk bikin tumpeng ajah :p