RESEP RAHASIA SAMBEL IJO KHAS RUMAH MAKAN PADANG

RESEP RAHASIA SAMBEL IJO KHAS RUMAH MAKAN PADANG

Mungkin Bunda sering makan di rumah makan Padang dan selalu dibuat penasaran dengan Resep sambel ijo yang super pedas dan bikin ketagihan. Ya, rumah makan Padang selalu identik dengan sambel ijonya. Rasanya juga selalu menambah selera makan dan membuat anda tidak berhenti mencocol walaupun harus mengumpulkan banyak nyali karena seperti tidak bisa berhenti untuk terus makan dengan sambel ijo. Tanpa sambel ijo, sudah pasti semua masakan padang tidak ada pelengkapnya. Nah, jika bunda dibuat penasaran dengan bagaimana membuatnya dan daripada harus makan di rumah makan Padang terus karena ketagihan dengan sambelnya, alangkah baiknya jika Bunda membuat sambel yang satu ini di rumah


Resep sambel ijo seperti namanya, warna sambel ini hijau pekat. Hal ini disebabkan sambel ijo dibuat dari bahan dasar cabe hijau. Sambel ini selalu jadi pelengkap untuk semua jenis lauk-pauk. Selain menambah nafsu makan, sambal ini juga memiliki tekstur yang tidak terlalu halus sehingga membuatnya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jenis sambel lainnya.

Baca juga : Resep Membuat Botokan Tahu Tempe Paling Sip
Nah, jangan dikira membuat Resep sambel ijo sulit ya Bunda. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan semuanya mudah dicari. Seperti sambal lainnya, sambel ijo juga membutuhkan bawang merah, bawang putih dan juga gula pasir, garam serta penyedap rasa. Yang membuat sambal ini agak berbeda dengan sambal lainnya adalah bahan cabe hijau, tomat hijau dan air jeruk nipis. Agar sambal terasa benar-benar pedas, kukus terlebih dahulu selama 5 menit bersama bawang merah, bawang putih dan juga tomat hijau.

Kira-kira berikut resep mulai dari bahan dan cara pembuatan sambal ijo ala rumah makan padang. Bunda sekarang bisa mencobanya terutama jika keluarga suka makan sambal. Semoga berhasil!

BAHAN-BAHAN :
  •     250 gram cabe hijau besar, buang tangkainya
  •     50 gram cabe rawit hijau (untuk hasil lebih pedas)
  •     4 siung bawang merah
  •     3 sendok teh minyak goreng, untuk menggoreng
  •     2 siung bawang putih
  •     2 buah tomat ijo
  •     ½ sendok teh air jeruk nipis
  •     Gula pasir secukupnya
  •     Garam secukupnya

CARA MEMBUAT SAMBEL IJO :
  1. Pertama potong kasar cabe hijau dan cabe rawit hijau
  2. Lalu kukus cabe hijau dan cabe rawit hijau bersama dengan bawang merah, tomat, dan bawang putih kurang lebih 5 menit. Angkat
  3. Kalau sudah layu, tumbuk bahan diatas secara kasar. Usahakan saat menumbuk, semua bahan tercampur sempurna.
  4. Kemudian siapkan minyak goreng dan tumis semua bahan sampai layu dan tercium bau yang harum.
  5. Yang terakhir tambahkan gula, air jeruk dan garam pada tumisan dan aduk rata. Masak terus sampai benar-benar matang.
  6. Angkat sambal dan sajikan bersama lauk yang lain.
Semoga bermanfaat ya bunda :)