RESEP DAN CARA MEMBUAT PECEL TERONG PALING MUDAH

RESEP DAN CARA MEMBUAT PECEL TERONG PALING MUDAH

Resep pecel terong – Terong bukan hanya sekedar sayur yang cuman bisa digoreng, dipenyet dan dicampur dengan sambal. Ada banyak olahan terong yang bisa bunda nikmati bersama keluarga mulai dari sayur lodeh terong, tumis terong, sambal terong atau pecel terong. Ya, semua aneka olahan terong selalu menjadi favorit keluarga Indonesia. Selain empuk, terong juga dapat membuat bumbu mudah meresap sehingga rasanya benar-benar masuk hingga ke dalam. 


Saat resep pecel terong sudah ada di depan mata baik untuk berbuka, sahur atau menu hari-hari biasa, sudah pasti tidak ada yang bisa menahan aromanya. Untuk keluarga yang doyan pedas, mereka mungkin tidak sabar untuk mencolek sedikit bumbu pecelnya. Bahkan, tidak segan mereka untuk makan dua kali atau lebih karena kelezatan bumbu kacang dan empuknya terong yang disajikan. 


Bunda bisa menyajikan resep yang satu ini sebagai menu andalan keluarga. Apalagi cara membuatnya pun terbilang mudah dan menyita waktu. Bunda hanya tinggal belanja, beli beberapa buah terong dan cabai. Jika tidak punya waktu banyak untuk membuat sambal pecelnya, bunda juga bisa membeli pecel kemasan yang praktis dan sudah jadi sehingga tinggal dicampur dengan air hangat saja. Resep ini pun bisa menjadi andalan keluarga, apalagi jika disantap beramai-ramai sambil lesehan di depan TV. Suasana rumah pun menjadi hangat karena resep pecel terong. Nah, daripada bunda penasaran bagaimana membuatnya, berikut bahan dan langkah pembuatan yang harus disimak. Untuk hasil terbaik, pastikan jika tidak ada bahan yang terlewatkan sedikitpun ya, Bun. Jangan sampai juga ada langkah pembuatan yang terlewati. Kalau mau lebih mudah ya di print saja resep ini dulu, dan mulai memasak. Selamat mencoba!

BAHAN-BAHAN :
  • 1 Buah terong ungu yang agak besar
  • 3 butir telur rebus
  • 100 mL santan kental
  • 3 butir bawang merah
  • 1 butir kemiri
  • 2 cabe merah,.. kalo mo pedes tambah cabe rawit
  • 1/2 sdt terasi, dibakar dulu biar sedep
  • 1 ikat kecil kemangi
  • kencur, garam dan gula secukupnya
CARA MEMBUAT PECEL TERONG :
  1. Langkah awal, silahkan anda panggang terong di bara api, kelupas bagian kulit yang gosong, sisihkan
  2. Kemudian rebuslah santan kental sampai matang
  3. Haluskan bumbu, kemiri, cabe merah, terasi, kencur, siram dengan santan kental yang telah direbus, aduk sampai bumbu dan santan tercampur (pada bagian ini seringdiicip-icip biar rasanya pas.....)
  4. Masukkan terong, telur (dan tempe bakar kalo suka) penyet atau tekan-tekan agar bumbu meresap.
  5. Tambahkan daun kemangi agar semakin segar dan wangi
  6. Pecel Terong lezat siap dihidangkan untuk keluarga tercinta.
 Selamat mencoba ya bunda :)