RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL KANGKUNG ENAK DAN LEZAT

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL KANGKUNG ENAK DAN LEZAT

Resep sambal kangkung – Salah satu menu sayuran yang paling favorit untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa dan orang tua adalah sayur kangkung. Semua orang sangat menyukai sayur kangkung apalagi jika diolah sebagai cah kangkung, plecing kangkug, sayur asem atau lainnya. Tetapi, saat ini ada yang penting yang bisa menambah nafsu makan yaitu sambal kangkung. Resep yang satu ini sangat cocok untuk disantap terutama saat sarapan atau saat makan malam. Banyak orang menyukainya sebab rasanya yang pedas benar-benar mampu membuat nafsu makan menjadi meningkat. 


Resep sambal kangkung bisa menjadi menu baru yang disuguhkan untuk keluarga. Apalagi saat sedang suasana berpuasa. Semua masakan baru pun bisa dicoba guna mengisi waktu supaya tetap semangat dan tidak merasa lemas. Untuk itu, tidak ada salahnya menyajikan sambal kangkung sebagai menu berbuka. Namun, menu yang satu ini tidak disarankan terutama untuk bunda yang memiliki masalah maag. Makanan yang terlalu pedas sangat tidak baik untuk penderita maag apalagi jika makanan tersebut untuk berbuka, setelah perut sekian jam dalam keadaan kosong. Tetapi, jika masih tetap ingin menyuguhkan menu ini, bunda bisa mengurangi cabe rawitnya. Jadi, tinggal diganti saja dengan cabe besar yang sudah dibuang bijinya.


Resep sambal kangkung bisa dibuat dengan mudah dan tidak akan menghabiskan banyak waktu. Jadi, sangat cocok jika bunda ingin masakan yang praktis, cepat dibuat dan tidak bikin dapur berantakan. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah ditemukan. Bunda pun tidak perlu khawatir menghabiskan banyak waktu hingga berjam-jam cuman untuk keliling pasar karena kesulitan cari bahannya. Bahan utamanya juga sangat ekonomis yaitu beberapa ikat kangkung. Untuk porsi keluarga besar, kangkungnya bisa ditambah sedikit banyak. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Semua bisa bunda lakukan untuk membuatnya dengan mengikuti resep berikut. Semoga membantu!

BAHAN-BAHAN :
  • 2 Ikat kangkung (petiki dan bersihkan)
  • 2 bh Bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bh tomat, potong menjadi 4
  • 3 Cabe merah besar
  • 6 cabe rawit
  • 1 potong terasi
  • 2 bh jeruk mini
  • gula pasir
  • garam
CARA MEMBUAT :
  1. Pertama silahkan rebus air sampai mendidih, masukkan kangkung hingga empuk, tiriskan
  2. Kemudian Panaskan minyak goreng, tumis bahan sambelan hingga matang
  3. Uleg sambel hingga lembut, tambahkan gula pasir dan garam secukupnya
  4. Belah jeruk mini menjadi dua bagian, lalu uleg kedalam sambel hingga aromanya keluar
  5. Campurkan sayur kangkung kedalam sambal
  6. Terakhir urapkan 
  7. Sambal Kangkung Paling enak siap disajikan
 Semoga bermanfaat :)