RESEP MEMBUAT TEMPE PENYET MUDAH DAN ENAK

RESEP MEMBUAT TEMPE PENYET MUDAH DAN ENAK

Hampir setiap hari, selalu saja ada bunda yang menyajikan menu makanan berbahan dasar tempe. Selain mudah dicari, mudah diolah untuk berbagai variasi makanan, tempe juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tempe bisa diolah menjadi aneka makanan. Yang paling mudah adalah membuat tempe goreng, tempe orek, tempe bacem atau tempe lainnya seperti Resep tempe penyet. Ya, tempe penyet pedas adalah salah satu menu yang cukup populer dan menjadi kegemaran bagi hampir seluruh nusantara. Tidak heran jika banyak pedagang makanan yang melirik menu yang satu ini untuk mengais rejeki dari bisnis kuliner mereka. 
 
 

Resep tempe penyet selain rasanya yang pedas, bumbunya juga begitu meresap dengan rasa gurih dan lezat. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar tempe yang penuh dan dilumuri oleh sambal goreng dengan berbagai bumbu dan cabe untuk rasa pedasnya. Tempe tersebut dipenyet, sehingga bumbunya benar-benar meresap kedalam daging tempe. Tidak heran jika banyak penggemar makanan yang satu ini. Selain itu, tempe penyet juga kerap disajikan dengan irisan tomat, irisan timun dan bahkan beberapa helai daun kemangi untuk menambah cita rasa dan menambah rasa segar disetiap suapannya.

Resep tempe penyet tidaklah sulit dibuat. Tempe hanya tinggal dilumuri bumbu dan digoreng sebentar. Lalu, bunda bisa beralih membuat sambalnya. Resepnya terbilang mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jadi, cukup praktis dibuat terutama bagi bunda yang tidak ingin berlama-lama di dapur dan sedang tidak punya banyak waktu untuk memasak yang aneh-aneh. Selain itu, bahan dan bumbu yang dibutuhkan bisa dengan mudah ditemukan di pasar. Agar sambal yang disajikan tidak cepat saji, maka bunda disarankan untuk menumis sambalnya terlebih dahulu sebelum disiramkan pada tempe yang sudah dipenyet.

Berikut bahan dan resep yang bisa disimak jika bunda ingin membuatnya, semoga membantu!
 
BAHAN SAMBAL PENYET :
  • Cabe rawit merah 10 buah
  • Cabe merah besar 3 buah
  • Tomat merah besar 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Gula merah 1 sdt
  • Garam 1/2 sdt atau secukupnya
BAHAN TEMPE PENYET :
  • Tempe 250 gram ( potong-potong )
  • Secukupnya garam
  • Air dan penyedap rasa ayam / sapi untuk rendaman tempe
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT TEMPE PENYET ENAK :
  1. Pertama rendamlah potongan tempe tadi ke dalam air yang sudah diberi garam dan penyedap . rendam kurang lebih selama 15 menit , goreng hingga matang , angkat lalu tiriskan .
  2. Goreng semua bahan sambal , hingga layu dan matang . lalu berikan garam dan gula merah merah , ulek sampai halus .
  3. Terakhir tempe yang sudah digoreng tadi dipenyetkan atau dilumatkan dengan sambal menggunakan ulekan .Tempe penyet enak siap disajikan