RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE LUMPUR SURGA, COCOK BUAT DIET

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE LUMPUR SURGA, COCOK BUAT DIET

Sebagai seorang yang suka kesehatan maka saya mencoba mengikuti salah satu grup tentang diet di sosial media. Di dalam grup itu di share makanan apa saja yang boleh dan seharusnya tidak dikonsumsi, kemudian beberapa anggota grup mulai menginspirasi anggota yang lain dengan kesuksesannya melakukan diet tentunya dengan foto "before" dan "after".

Salah satu makanan yang sering sekali di share beberapa waktu ini adalah "lumpur surga", atas dasar penasaran maka saya cek saja di Google dan ketemu, ternyata kue lumpur surga berasal dari salah satu kota besar di Kalimantan, Banjarmasin adalah kota dimana kue legit ini dilahirkan.


Kue Lumpur Surga mempunyai tekstur layaknya puding dengan topping bubur diatasnya, dengan bahan-bahan yang menjadi komponennya membuat kue rasa manis dan segar ini cocok untuk dikonsumsi para pelaku diet karena tidak banyak mengandung karbo.

Nah, buat anda yang sedang melakukan diet menyenangkan sambil tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat dan lezat, maka kue lumpur surga ini patut dicoba untuk dibikin dirumah Berikut kami sediakan resep dan cara membuat kue lumpur surga khas Banjarmasin.

BAHAN-BAHAN MEMBUAT LUMPUR SURGA :

  • 250 ml santan (untuk bagian bawah. kalau tidak pakai air pandan, santan jadi 350ml)
  • 150 ml santan (untuk bagian atas)
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm tepung beras
  • 100 ml air pandan, diblender4 butir telur ayam
  • Pewarna hijau makanan atau pakai air pandan biar lebih alami
  • Garam sejumput atau secukupnya
CARA MUDAH MEMBUAT KUE LUMPUR SURGA BANJARMASIN :

  1. Pertama anda harus Panaskan panci kukusan. Sambil menunggu panas, kocok telur dan gula jadi satu bisa pakai sendok atau garpu.
  2. Kemudian masukkan vanili, santan untuk bawah, air pandan dan pewarna kedalam campuran telur. Lalu kukus kurang lebih 20 menit.
  3. Selanjutnya siapkan wadah lain, campur santan bagian atas dan tepung terigu beserta garam. Aduk2 hingga rata. Setelah kukusan hijau matang, tuang perlahan diatasnya. (Hati-hati karena tekstur kue lembek mudah hancur). Kukus kurang lebih 10 menit.
  4. Kue lumpur surganya sudah matang, siap dihidangkan. (Masukkan ke dalam kulkas kurleb 30 menit biar teksturnya tidak terlalu lembek).
  5. Sajikan 5 buah.
Silahkan dishare resep ini jika anda anggap bermanfaat, semoga dietnya sukses ;)