RESEP SAMBAL TERONG WARUNG NASI PAK SOLEH

RESEP SAMBAL TERONG WARUNG NASI PAK SOLEH

Pak sholeh, siapa sih pak sholeh? Mungkin mendengar Resep sambal terong pak sholeh, bunda akan sedikit penasaran dengan pertanyaan yang menggelitik itu. Untuk para pecinta kuliner, Pak Sholeh bukan orang asing lagi loh. Sebab, beliau adalah pemiliki warung lesehan dan warungnya itu dinamai Pak Sholeh. Entah pemiliknya benar-benar Pak Sholeh atau bukan, yang jelas sambal terong di warung itu benar-benar maknyus. Warung tersebut letaknya di jalur utama Malang-Batu terutama jika dari arah Surabaya. Tepatnya di Karangploso yaitu di Jalan Kertonegara yang benar-benar ramai dibicarakan oleh para netizen. 

Baca juga : Resep Rahasia Sambal Pencit Nasi Bebek Sinjay Bangkalan

Memang ada banyak menu yang ditawarkan di warung tersebut mulai dari ayam goreng, ayam bakar lalapan, gurami goreng, gurami bakar lalapan dan masih banyak lainnya termasuk Resep sambal terong pak sholeh. Berbicara soal terong, seringkali kita menyebutnya sebagai sayur, padahal terong termasuk dalam golongan buah-buahan loh. Terong memiliki banyak kandungan gizi sehingga cocok sebagai menu makanan sehat untuk keluarga. Ada banyak olahan makanan yang terbuat dari terong termasuk sambal terong. Sambal terong bisa menjadi variasi pilihan sambal untuk bunda terutama jika keluarga suka makanan pedas dan tidak bisa makan tanpa sambal.

Walaupun tergolong sebagai masakan yang sederhana, tetapi tanpa sambal terong makan menjadi tidak lengkap. Bahkan, beberapa keluarga menjadikannya sebagai menu favorit. Resep sambal terong pak sholeh bisa bunda coba di rumah terutama jika bunda tidak ingin capek-capek pergi ke malang guna menikmati menu dari pak sholeh.  Untuk membuat sambal terong, bunda bisa menggorengnya terlebih dahulu supaya agak kering dan tidak lembek. Atau, bunda juga bisa menambahkan ikan teri serta petai terutama jika keluarga suka petai.

Berikut resep yang bisa dicoba untuk membuat sambal terong. Jika terlalu pedas, cabe bisa dikurangi. Sebaliknya, tambahkan cabe untuk rasa lebih pedas. Semoga berhasil!

BAHAN-BAHAN :
  • 3 buah terong ungu bersihkan dan potong sesuai selera
BAHAN BUMBU :
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabe rawit
  • 4 buah cabe merah besar
  • 4 lembar daun salam
  • Gula secukupnya (jika suka)
  • Garam 1/2 sdt
  • Minyak goreng
  • 200 cc air
  • Haluskan semua bahan bumbu diatas kecuali daun salam , gula, air , dan minyak.
CARA MEMBUAT SAMBAL TERONG KHAS WARUNG PAK SOLEH :
  1. Pertama panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, selanjutnya Goreng terong sebentar saja atau sampai layu.
  2. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga aroma wanginya keluar, tambakan air dan daun salam . tunggu sampai mendidih dan matang.
  3. Setelah itu masukkan terong, aduk - aduk sebentar. 
  4. Angkat dan hidangkan.
    Hidangkan sambal terong dengan nasi putih atau pelengkap lainnya.
Semoga bermanfaat bunda ;)