RESEP RAHASIA SAMBAL NASI BEBEK SINJAY MADURA BANGKALAN

RESEP RAHASIA SAMBAL NASI BEBEK SINJAY MADURA BANGKALAN

Jika bunda pernah mampir ke Madura, Resep sambal nasi bebek sinjay mungkin sudah pernah bunda coba disana. Ya, makanan yang satu ini memang makanan khas Madura. Jadi, kalau main kesana sudah wajib mencicipi kuliner yang satu ini yang menjadi primadona para pecinta kuliner di nusantara. Bebek sinjay dikenal sebagai menu khas Madura dengan rasa yang tak kalah enaknya jika dibandingkan dengan kuliner makanan dari daerah lain. Sebab, makanan yang satu ini diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kualitas citarasa yang tinggi dengan tekstur daging yang benar-benar empuk dan dilengkapi dengan sensasi pedasnya sambal.

Baca juga : Resep Membuat Sambal Terong Khas Warung Pak Sholeh

Tapi, bagi bunda yang belum berkesempatan untuk mencicipi Resep sambal nasi bebek sinjay dan mulai penasaran bagaimana cara membuatnya di rumah sehingga tak perlu jauh-jauh pergi ke Madura, bunda tidak perlu kuatir. Sebab, kali ini adalah kesempatan bunda untuk belajar membuat resepnya. Ya, menu kali ini adalah tentang Bebek Sinjay khas Madura yang bisa dibuat di rumah dengan cita rasa yang mantap.


Sebelum berbagi Resep sambal nasi bebek sinjay, bunda harus tahu bahwa daging bebek tidak hanya nikmat atau memiliki daging yang empuk. Tetapi, daging bebek benar-benar kaya akan vitamin seperti vitamin B12 yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Ada juga vitamin B6 yang sangat bagus untuk metabolisme asam lemak dan ada juga asam amino yang bagus untuk perkembangan janin bagi ibu hamil. Nah, akan sangat baik jika daging bebek dikonsumsi oleh keluarga paling tidak seminggu sekali. Membuatnya pun juga tidak ribet. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan.

Untuk membantu bunda membuat daging bebek goreng sinjay sebagai olahan rumahan yang nikmat dan sederhana, berikut resep rahasia yang bisa bunda simak. Selamat mencoba!

BAHAN-BAHAN SAMBAL PENCIT :
  • 300 gram mangga muda, iris bentuk korek api
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh terasi, bakar
  • 1 sendok teh garam
  • 50 ml minyak goeng panaskan
CARA MEMBUAT SAMBAL NASI BEBEK SINJAY :
  1. Pertama siapkan cobek ukuran sedang kemduain bawang merah bersama dengan cabai rawit, garam, dan terasi kemudian tumbuk hingga halus, aduk rata.
  2. Kemudian masukan potongan mangga muda yang sebesar korek api lalu aduk perlahan hingga semua bahan sambal pencit tercampur rata.
  3. Berikutnya tuang minyak goeng dalam keadaan yang masih panas secara perlahan kemudian aduk-aduk hingga adonan sambal tercampur secara sempurna.
  4. Hidangkan sambal pencit bersama dengan bebek bakar atau goreng plus lalapannya.
Semoga berhasil ya bunda ;)