RESEP DAN CARA MEMBUAT SEMPOL PALING GURIH ENAK

RESEP DAN CARA MEMBUAT SEMPOL PALING GURIH ENAK

Sempol itu apa sih ? - Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati, sebenarnya sempol itu makhluk apa sih ?. Nah, biar tidak kepo alias penasaran, kali ini akan kami jelaskan sekelumit tentang sempol yang sedang hits sekarang.

Sempol itu adalah jajanan baru khas kota dingin Malang. Lebih tepatnya jajanan gurih ini pertama kali muncul dari daerah Gondang Legi, Malang. Sempol terbuat daru bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita, mungkin lebih mirip dengan pentol karena sama-sama menggunakan tepung kanji, hanya saja selain direbus, penyajian sempol juga digoreng kembali untuk mendapatkan rasanya yang lebih gurih.

Ada yang bilang bahwa sempol ini bentuknya mirip kempol (paha ayam), dari kempol inilah sama orang-orang kreatif dipelintir jadi sempol hehehe.

Bahan utama sempol yaitu tepung terigu yang dicampur daging ayam, ikan, atau sapi. Namun kebanyakan pedagang menggunakan daging ayam karena dinilai lebih ekonomis. Jika pentol dibulatin, maka sempol ditusuk seperti sate atau menggunakan stik bambu yang lebih panjang.

Sebelum menggoreng sempol biasanya para pedagang akan membalurkan telur, teksturnya yang empuk dan crunchy ditambah sambal yang pedas pasti membuat penikmatnya makin ketagihan untuk membelinya kembali.

Sempol menjadi makanan paling ngehits dimana-mana, tidak hanya di Malang saja, bahkan sempol mulai menjajah daerah luar Malang. Contohnya di Sidoarjo, lokasi paling ramai penjual sempol adalah di area Taman Pinang, Gading Fajar - Sidoarjo. Disana setiap hari berjejer puluhan atau mungkin ratusan penjual sempol yang menunggu para pengunjung untuk menyerbu dagangnnya.


Jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri sekalian jualan sempol, maka kami akan memberikan resep dan cara membuat sempol paling enak sedunia.

Berikut Resep Membuat Sempol Gurih dan Enak :

BAHAN-BAHAN MEMBUAT SEMPOL :
  • 50 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung sagu tani atau tepung tapioka
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh saus tiram jika suka
  • 1 sendok teh garam
  • 50 ml air panas
  • Kurang lebih 100gr daging ayam yang telah dipisahkan daging dan tulangnya keemudian haluskan,
  • 1 butir telur, kocok lepas

RESEP CARA MEMBUAT SEMPOL GURIH DAN ENAK :
  1. Daging ayam halus tadi dimasukkan kedalam wadah
  2. Lalu tambahkan tepung kedalam daging juga semua bumbu seperti lada, saus tiram, garam aduk semua bahan hingga adonan rata juga jangan lupa menambahkan air panas kedalamnya, aduk lagi semua bahan dengan cara menguleninya sampai adonan tersebut berubah menjadi kalis
  3. Kemudian ambil sedikit bagian dan lilitkan ditusukan sate yang berukuran agak besar yang telah dipersiapkan terlebih dahulu ( bisa beli atau bikin sendiri yang penting sudah disiapkan)
  4. Rebus adonan yang telah dililitkan sampai adonan matang, lalu angkat dan tiriskan
  5. Sempol siap digoreng apa bila sempol telah tiris dan dingin
  6. Goreng setengah matang angkat kemudian masukkan kedalam kocokan telur lanjutkan menggoreng sempol sampai kering dan berubah menjadi kecoklatan
  7. Sempol siap disajikan bersama saus tomat / saus sambal bahkan juga dengan mayonaise tetep enak
Selamat mencoba ya Bunda ;)